Kamis, 29 Oktober 2015

Lampu

Pernahkah kalian berfikir bagaimana Lampu bisa menyala? Bagaimana bisa terjadi? Dan siapakah yang membuatnya? Dan mengapa ia bisa berfikir seperti itu sejauh itu sampai sampai akupun sampai sekarang tidak tahu bagaimana lampu bisa menyala? Sedangkan jaman dahulu belum menganal dan ada listrik. Lampu adalah sebuah peranti yang memproduksi cahaya. Kata "lampu" dapat juga berarti bola lampu. Lampu pertama kali ditemukan oleh Sir Joseph William Swan.

Thomas Alva Edison (lahir 11 Februari 1847-meninggal 18 Oktober 1931 pada umur 84 tahun) adalah penemu dan mengusaha yang mengembangkan banyak peralatan penting. Si Penyihir Menlo Park ini merupakan salah seorang penemu pertama yang menerapkan prinsip produksi massal pada proses penemuan. Thomas Alva Edison yang dikenal masyarakat dunia sebagai tokoh penemu lampu. Ilmuan genius dan gigih yang satu ini memang dikenal sebagai seseorang yang sangat ulet. Bayangkan saja, selama hidupnya ia telah mendaftarkan lebih dari 1000 hak paten. Hal ini menandakan ia bukan tipikal orang yang suka bermalas-malasan. Karena kerja kerasnya, Edison dijuluki sebagai salah satu penemu terbesar.

Sir Joseph Wilson Swan, D.Sc.hc, FRS (31 Okt 1828 - 27 Mei 1914) adalah seorang ahli fisika Inggris dan kimia. Ia paling terkenal atas penemuan pertama bola lampu pijar.
Swan pertama menunjukkan bola lampu di kuliah di Newcastle upon Tyne pada 18 Desember 1878, namun ia tidak menerima hak paten hingga 27 November 1880 (paten No. 4933) setelah perbaikan terhadap lampu asli. Rumahnya (di Gateshead, Inggris) adalah yang pertama di dunia yang akan diterangi oleh lampu, dan dunia pencahayaan listrik-cahaya pertama di sebuah bangunan publik untuk kuliah Swan menyerah 1880. Pada tahun 1904 Swan gelar kebangsawanan oleh Raja Edward VII, diberikan Royal Society Hughes Medal, dan menjadi anggota kehormatan dari Masyarakat Farmasi. Dia telah menerima dekorasi tertinggi di Perancis, Legio d'honneur, ketika ia mengunjungi sebuah pameran internasional di Paris pada 1881. Pameran ini termasuk pameran penemuannya, dan kota itu diterangi dengan lampu listrik, berkat penemuan Swan.

  *Jadi jika seseorang bertanya pada Anda, siapa penemu lampu pijar atau lampu listrik pertama kali? Secara jujur Anda harus menyebut nama Sir Joseph Wilson Swan. Sebab tokoh tersebutlah yang menemukan lampu pijat atau lampu listrik. Sayangnya, temuannya ini hanya bisa bertahan selama 13 jam saja sehingga lampu tersebut tidak nyaman untuk di pakai di keseharian masyarakat. Pendeknya pemakaian lampi ini membuat beberapa ilmuan lain meneliti lampu pijar, salah satunya Thomas Alva Edison yang berhasil menciptakan lampu pijar yang jauh lebih baik dari karya Sir Joseph Wilson Swan. Tapi apapun itu, penemu lampu pijar pertama kali bukanlah Thomas Alva Edison. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar