Kamis, 29 Oktober 2015

Listrik

Kelistrikan adalah sifat benda yang muncul dari adanya muatan listrik. Listrik, dapat juga diartikan sebagai berikut: 
  1. Listrik adalah kondisi dari partikel subatomik tertentu, seperti elektron dan proton,, yang menyebabkan penarikan dan penolakan gaya di antaranya.
  2. Listrik adalah sumber energi yang disalurkan melalui kabel. Arus listrik timbul karena muatan listrik mengalir dari saluran positif ke saluran negatif.


Dalam sejarah awal penemuan listrik hingga sekarang ada banyak penemu dan ilmuwan yang terlibat sehingga listrik bisa dinikmati. Penemu pertama listrik menjadi pertanyaan banyak orang, apakah Luigi Galvani, Giovani Volta, Michael Faraday, Josep Swan, Thomas Edison, George Westinghouse, Nikola Tesla, James Watt, Andre Ampere dan George Ohm.

Michael Faraday (22 September 1791-25 Agustus 1867) ialah ilmuwan Inggris yang mendapat julukan "Bapak Listrik", karena berkat usahanya listrik menjadi teknologi yang banyak gunanya. Ia mempelajari berbagai bidang ilmu pengetahuan, termasuk elektromagnetisme dan elektrokimia.
Bukti penemu listrik – Sebenarnya, dlm kenyataan tersebut Michael Faraday telah menciptakan motor listrik yg pertama didunia, yaitu sebuah rangkaian pertama yg memakai aliran listrik sebagai sumber penggerak benda. Bagaimanapun anggapan bahwa penemuannya primitif, tetapi tidak dapat dipungkiri merupakan cikal bakal atas seluruh motor listrik yg dipakai pada zaman sekarang. Semenjak temuannya yg pertama di th 1821, Michael Faraday yang merupakan seorang ilmuwan otodidak, mulai dikenal namanya. Penemuannya tersebut telah diakui menjadi gerbang utama menuju era modern kelistrikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar